Selasa, 07 Desember 2010

RPP OLAHRAGA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

NAMA MADRASAH         : MA RAUDLATUSSHIBYAN NW BELENCONG
MATA PELAJARAN                       : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
KELAS/SEMESTER             : X / I

Standar Kompetensi
Mempraktikkan Berbagai Ketarampilan Permainan Olahraga Dalam Bentuk Sederhana Dan Nilai-Nilai Yang Terkandung Di Dalamnya 
Kompetensi Dasar
Mempraktikkan Keterampilan Bermain Salah Satu Permainan Dan Olahraga Beregu Bola Besar Serta Nilai Kerjasama, Kejujuran, Menghargai, Semangat, Dan Percaya Diri**) 
Indikator
Psikomotor
·        Melakukan passing bawah dengan tehnik yang benar.
·        Melakukan passing atas dengan tehnik yang benar
·        Melakukan servis bawah dengan tehnik yang baik
   Kognisi
·        Mendeskripsikan bentuk-bentuk tehnik pasing bawah dalam permainan bolla
 Afeksi
·        Menunjukan sikap disiplin, semangat, sportivitas, percaya diri, dan kejujuran.
Alokasi waktu                    :2 x 40 menit (1 x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
·        Siswa Dapat  Melakukan tehnik latihan passing bawah tampa bola secara klasikal
·        Siswa  Dapat Melakukan latihan passing bawah secara berpasangan
·        Sisiwa Dapat Melakukan latihan passing bawah secara berkelompok

B.    Materi pokok
Bolla voli
·         Passing bawah
·        Passing atas
·        Servis bawah
C.     Skenarion pembelajan
No
Kegiatan
Alokasi waktu
Metode
1.








Pendahuluan
Peserta didik di bariskan menjadi 4 bersaf, berdo,a bersama, diadakan presensi dan  penjelasan materi yang akan dipraktekkan, secara singkat diteruskan dengan pemanasan

10

2.
Inti
-         Bolla voli
-         Gerak dasar tampa bola
1.     Gerak dasar bergerak maju 
2.     Gerak dasar bergerak mundur
3.     Gerak dasar bergerak kesamping kiri/kanan
4.     Gerak dasar meloncat 
-         Pasing bawah
Macam-macam pasing bawah
a)     Pasing tampa bolla
b)    Pasing dengan menggunakan bolla
c)     Pasing secara berpasangan
d)    Pasing secara kelompok
e)     Pasing secara peroarangan
-         Pasing atas
-         Servis
-          


60

3.
Penutup
-         Peserta didik dibariskan, diadakan koreksi/evaluasi terhadap kegiatan yang baru saja dipraktekkan.
-         Informasi-informasi

10 menit

Ceramah Diskusi

D.    Media / Alat
Buku       :  Pendidikan Jasmani dan Kesehatan oleh: Munajir
Alat         :  Lapangan, Bola Voli, bola, pluit, stop wacth, net.
E.     Evaluasi
Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes perbuatan
1.     Teknik penilaian
-         Tes unjuk kerja (psikomotor):
Lakukan teknik dasar dalam pasing bawah
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai 4
              Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = ------------------------------------- X 50%
             Jumlah skor maksimal
-         Pengamatan sikap (efektif):
Lakukan tehnik dasar dalam pasing bawah dengan peraturan yan telah dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagai tempat dan peralatan.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menujukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1
              Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = -------------------------------------- X 30%
              Jumlah skor maksimal
-         Kuis/embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam teknik dasar pasing bawah
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
              Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = -------------------------------------- X 20%
                   Jumlah skor maksimal
-         Nilai akhir yang diperoleh siswa:


Nilai tes unjuk kerja  +  nilai observasi  +  nilai kuis
 
 



2.     Rublik Penilaian
RUBRIC PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PASING BAWAH
Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.     Posisi tangan,
2.     Gerakan tangan pada saat pasing,
3.     Ayunan tangan pada saat menerima bolla
4.     Posisi badan dalam keadaaan pasing




JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 16






RUBRIC PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PASING BAWAH
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
cek ( √ )
1.     Mematuhi peraturan

2.     Toleransi/menghargai lawan

3.     Percaya diri/keberanian (bersungguh-sungguh dalam berlari)

4.     Sportifitas


Jumlah

Jumlah Skor Maksimal: 4



RUBRIC PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP LARI JARAK PENDEK
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.     Bagaimana cara penempatan tangan pada saat pasing?
2.     Bagaimana cara gerakan tangan yang baik  pada saat pasing bolla?
3.     Bagaimana posisi badan yang benar pada saat melakukan pasaing bawah?







Jumlah

Jumlah Skor Maksimal: 12







Guru Pamong


Tamimi Muttaqin, S.Pd
NIP.
Mataram,     Oktober 2010

Mahasiswa PPL


S a i d i n
NIM.07.311.695


Mengetahui
Kepala MA NW Belencong


H. Humaedi, S.Pd
NIP:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar